Ziarah ke Makam Pendiri

Makam Roem Affandi, Pendiri KSP. Rukun Ikhtiar
Awal tahun 1930, seorang buruh bengkel angkatan udara (AURI) sekarang Husein Sastranegara Bandung yang terpaksa mendekam di balik terali besi karena terjerat pinjaman lintah darat

Kejadian tersebut langsung menyebar di antara teman-teman sesama buruh bengkel,diantaranya tiga orang buruh mempunyai perasaan yang lebih mendalam atas nasib rekannya, antara lain R. Soekardi, Roem Affandi dan Kartawiria kemudian mereka bersepakat membentuk suatu perkumpulan yang bersifat menghimpun modal dengan harapan kejadian yang serupa tidak terulang lagi diantara rekannya.

Pertemuan tanggal 30 April 1930, melahirkan perkumpulan yang diberi nama : SPAAR VEREENIGING LUCHTVAART  AFDEELING. yang hingga kini berubah nama dan dikenal dengan nama Koperasi Simpan Pinjam Rukun Ikhtiar.


Untuk mengingat perjuangan para pendiri KSP. Rukun Ikhtiar, Pengurus, Pengawas serta Karyawan/Pengelola KSP. Rukun Ikhtiar melakukan ziarah ke makam salahsatu pendiri KSP. Rukun Ikhtiar yaitu makam Roem Affandi di Taman Sirna Raga Nyengseret Kota Bandung. 

Atas perjuangan para pendiri dan keberkahan dari KSP. Rukun Ikhtiar, alhamdulillah masih berdiri tegak hingga saat ini. 

Terimakasih wahai para pendiri, jasa mu abadi, semoga engkau disana berada dalam naungan dan kasih sayang Allah Swt. Aamiin...


Komentar